Belajar membaca agar tak nyasar

Tayangan KICK ANDY beberapa waktu lalu memberikan inspirasi untuk saya. Semua bintang tamu yang didatangkan rata-rata berusia di atas 50 tahun. Mereka dengan umur yang tergolong usia senja namun semangat untuk belajar berada di titik yang sangat hijau. Usia boleh tua tapi semangat tetap muda, mungkin slogan itu cocok untuk para bintang tamu malam tadi.
Sekolah lagi untuk membunuh waktu rata-rata menjadi alasan dasar para kakek dan nenek ini melanjutkan pendidikan. “Ikut arisan saya ga suka. Mau ke mall ga punya duit”, begitu kata salah satu bintang tamu malam tadi. Wow, keren, ck ck ck ck. Prinsipnya itu lho yang keren banget.
Yang lebih mengharukan namun mengundang tawa bagi saya adalah para ibu dari Bekasi. Mereka rela mati-matian belajar mengenal aksara hanya untuk sebuah alasan sederhana. “Biar ga nyasar kalo mau pulang ke rumah”, jawab Ibu Manih lugu ketika ditanya mengapa ingin belajar membaca. Pengalaman sering nyasar jika bepergian karena tidak bisa membaca rupanya menjadi alasan kuat Ibu Manih untuk belajar membaca. Hmmm…sebuah alasan sederhana yang nonjok banget jika dilemparkan kepada generasi sekarang. Terlebih untuk generasi beruntung yang ketika melek sudah berada dalam istana namun enggan mencari ilmu.
Sungguh acara yang membuat saya harus intropeksi diri lagi atas apa yang ingin saya capai selama ini. Mereka dengan tantangan usia yang sudah tak muda lagi namun menyimpan kekuatan muda yang tak terhingga. Membuat saya harus kerja ekstra keras lagi untuk membuktikan kemampuan saya.

Comments

Popular Posts