Peta Hijau Mandala Borobudur (Tahap I): Akhirnya Datang Juga



Perjalanan itu baru saja dimulai. Ditandai dengan peluncuran sebuah contoh peta kawasan desa Borobudur dan PT Taman Wisata Candi Borobudur. Hari itu –Senin, 8 Juni 2009- bukanlah akhir dari sebuah pekerjaan ”aneh” yang telah dirintis sejak 2005. Masih ribuan langkah yang harus diukirkan dalam proses pemetaan kawasan mandala Borobudur.



Namun untuk mempunyai rasa sedikit lega tidaklah salah. Lega karena sudah berani memulai dan melakukan. Rasanya otakku terpakai. Tidak seperti otak Indonesia yang dileluconkan temanku sore tadi. Bahwa ketika ada transaksi jual beli otak maka otak bangsa Indonesia akan mendapat posisi tawar yang lebih tinggi. Bukan karena kualitas atau ketajaman berpikirnya, melainkan karena tidal pernah digunakan untuk berpikir. Masih ”perawan” dan ”segar”.



Peluncuran Peta Hijau Mandala Borobudur (Tahap I) dilakukan di area Play Group Bhumi Indria. Sebuah tempat yang membuat perasaan tentram. Mengembalikan memori kanak-kanak seutuhnya. Hijau rerumputan seakan senada dengan nama komunitas ini, peta hijau. Empat buah ikon peta hijau ditanamkan di halaman play group. Menambah suasana riang di tempat ini.



Banner-banner yang dibuat oleh teman-teman planologi –relawan desain peta dan banner- dipamerkan di sebuah pendopo. Peta-peta hijau lainnya juga dipamerkan di pendopo ini. Ada peta hijau Jeron Beteng, Kota Baru, Kota Gede serta ikon peta hijau. Ada pula peta-peta yang dikerjakan oleh teman-teman dari berbagai penjuru dunia.



Peluncuran diisi oleh diskusi singkat dari beberapa orang teman dan aku sendiri. Hanya bercerita tentang proses kegiatan dan harapan ke depan. Pun tak lupa meminta kerelaan para tamu untuk mengisi ruang iklan yang masih kosong. Hanya diskusi sederhana yang dihiasi oleh hujan deras yang juga mengakhiri sesi ini. Kemudian bersiap lagi melanjutkan langkah ke titik selanjutnya.

Comments

Popular Posts