Gedung Joang 45


Gedung Joang 45 [5 Juni 2013] *
Dulu merupakan hotel yang dikelola oleh keluarga  L.C. Schomper. Sekarang difungsikan sebagai museum yang menampilkan koleksi jejak perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Mbak Mel langsung nyeletuk "Schomper, Janji Pedagang Telur" begitu melihat informasi yang tertera pada tugu marmer di samping museum. Wah, saya kok justru malah tertarik dengan Schompernya ya daripada isi museumnya :). Jadi pengen baca bukunya, Selamat Tinggal Hindia, Janjinya Pedagang Telur

Menurut Mbak Mel, buku ini pernah ditunjukkan ke saya. Tapi saat itu saya tidak tertarik sama sekali. Ternyata setelah bertemu dengan tinggalan fisiknya saya jadi tersihir untuk segera menemukan buku itu. Tak sabar rasanya bertemu Opa Pans [Frans] Schomper. Saya akan ceritakan lagi setelah membaca bukunya.

Lokasi bisa dilihat di sini:

*Edisi pemanasan untuk mendokumentasikan museum-museum/tempat-tempat bersejarah yang telah saya kunjungi.

Comments

Popular Posts