Rumah Kalang BH Noerijah

Jika masuk ke kawasan Kotagede dari sisi barat maka kita akan melewati rumah cantik yang terbengkalai ini. Rumah kalang milik BH Noerijah ini berada di sisi selatan Jalan Tegal Gendu. Hanya beberapa blok dari Sekar Kedaton. Berikut ini sedikit gambaran kondisi rumahnya.

Tampak depan rumah. Bagian ini dianalogikan seperti pendopo pada rumah Jawa. Hanya saja orang Kalang memberikan dinding sehingga bagian ini menjadi ruang tertutup.

Salah satu daun pintu dengan hiasan kaca patri berangka tahun.

Tangga yang mengantarkan kita pada ruang bawah tanah. Beredar cerita bahwa ruang bawah tanah ini tembus sampai ke Sungai Gajah Wong. Namun, saya hanya mendapati ruang bawah tanah berukuran kecil tanpa pintu penghubung. Bisa jadi akses yang menghubungkan ruang ini dengan ruang-ruang selanjutnya hingga menuju Sungai Gajah Wong sudah ditutup. Ruang bawah tanah ini kemungkinan besar dibuat sebagai sarana berlindung dari serangan saat perang atau kejadian yang tidak diharapkan.

Kemolekan pilar-pilar pada teras bagian belakang rumah induk. Banyak tegel dan kaca patri yang lenyap dari rumah ini. Meskipun pilar ini selamat dari penjarahan, namun jika dibiarkan dalam kondisi tanpa perawatan seperti ini maka pilar-pilar ini pun hanya menunggu waktu saja untuk rusak dan lenyap.

Ornamen kaca patri pada kanopi menuju bagian depan rumah. Jelas hanya orang kaya dan berstatus sosial tinggi saja yang bisa memasang ornamen indah ini di rumah tinggal.



Bagian depan rumah sisi barat tampaknya juga dihuni. Warga memanfaatkan ruang tak berpenghuni ini sebagai tempat tinggal sementara yang bisa berarti selamanya.

Comments

ol said…
Keren ya..sayang terlantar..
Unknown said…
Perlu dikaji lebih lanjut...
Anonymous said…
Pingin ngerawat & mengelola tempat yg indah ini 😘😘😘
Semoga ada yg peduli untuk mempertahankan arsitek yg menakjubkan
🙏🙏🙏

Popular Posts