Putar Dadu: Mengenal Kembali Orang Dekat


Seberapa tahu kita tentang pengalaman masa kecil yang paling berkesan dari teman dekat kita? Apa saja hal paling memalukan yang pernah mereka alami? Fantasi apa yang ada di benak teman dekat kita terkait isu-isu konyol tak masuk akal? 

Pertemuan fisik dengan intensitas tinggi tak jadi jaminan bahwa kita tahu seluk beluk teman sendiri. Mungkin itu yang bisa saya simpulkan setelah bermain "Putar Dadu" bersama beberapa orang minggu ini. Asyik juga bahwa permainan dapat menjadi media untuk lebih mengenal diri satu sama lainnya.

Curhat-curhat mengalir tanpa tekanan. Meskipun beberapa kali keraguan muncul, "Apakah ini harus dijawab dengan jujur?" Namun, ternyata wawancara mendalam untuk tahu pribadi seseorang yang terkamuflase lewat permainan ini cukup manjur. 

Saya pikir permainan ini masih cukup relevan dan seru jika dimainkan bahkan dengan sahabat baik. Saya percaya bahwa orang akan dan selalu berubah. Bisa jadi pemikirannya 10 tahun silam berubah 180 derajat dengan sekarang. Bisa pula kesukaannya bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Siapa yang bisa menebak? 

Mungkin saja hal-hal sepele lebih sering terlewatkan dalam percakapan harian dua orang teman dekat. Saking seringnya bertemu, hingga tak tahu lagi harus membahas isu apa. Nah, permainan ini bisa menjadi bahan untuk meramu hubungan yang lebih segar lagi. Kita bisa memodifikasi pertanyaan-pertanyaan untuk setiap sesinya. Jadi, selalu ada hal baru yang dibicarakan ketika bermain "Putar Dadu".

#KontendiSekitarmu #Hari4

Comments

Popular Posts