Senyum Lebar Menyambut 2020


Sudah lima belas jam berada di 2020. Pergantian tahun saya lewati dengan begitu menyenangkan. Tidak dalam keramaian namun tetap hangat dan perut kenyang dengan tawa dan makanan. Saya sangat bersyukur bisa melewati 2019. Saya pikir akan lebih baik ketimbang 2018, ternyata masih kerikil tajam jua yang saya lewati. Namun, kondisi itu pula yang kian menempa saya menjadi pribadi yang lebih baik. Meski demikian juga saya tetap harus berterima kasih untuk semua peristiwa yang saya jumpai di 2019.

Agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini saya menanam sebanyak-banyaknya harapan dan mimpi. Saya pikir jika tak menanam mana mungkin dia bertumbuh apalagi berbuah. Padahal saya ingin juga sekali-kali panen. Maka semai saja dulu benihnya.

Tahun lalu, saya merasa stagnan. Baik untuk pertualangan maupun kondisi tingkat intelektual saya. Saya lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Lalu masih sering menuruti ego dan emosi meskipun berkurang dibanding 2018. Namun, komitmen olahraga pagi terbangun dengan baik meskipun baru saya rintis lepas lebaran.

Berkaca dari apa saja yang sudah saya lakukan di tahun lalu, maka benih-benih harapan yang akan saya semai pada 2020 pun juga tak muluk-muluk. Semoga di tahun ini komitmen olahraga dan lebih banyak jalan kaki atau bersepeda bisa saya wujudkan. Saya juga ingin lebih banyak membaca buku. Pastinya setelah itu saya ingin belajar menulis dengan baik dan menarik. Hahaha. Selama ini saya tak punya kepercayaan diri untuk menulis. Hanya berani menumpahkan kata-kata lewat blog yang saya anggap rumah sendiri.

Saya juga ingin mencoba banyak hal dengan spontan tahun ini. Saya sudah mulai merintisnya akhir tahun lalu dengan membeli tiket kereta ke Malang. Pemantik dari seorang teman yang sedang liburan di Malang nyatanya mampu menarik sisi impulsif saya seketika itu juga. Saya tak tahu apakah hormon dopamin dalam tubuh saya sedang bekerja atau justru ada hormon lain yang memicu spontanitas.

"Tahun ini kamu harus pergi ke tempat tak terduga & hasilkan karya ya," ujar alter ego saya. Tampaknya, kali ini saya memang butuh lebih banyak "bergerak" dan menciptakan sesuatu. Semoga di 2020 saya bisa wujudkan keduanya. Untuk saya di 2020;

 "jaga olahraga, perbanyak makan sehat, bangun pagi, jadi orang yang menyenangkan ya, dan jangan lupa bahagia :)"

Comments

Popular Posts